NEWS : | WELCOME TO INFO INDONESIA NEWS. SELAMAT DATANG DI KABAR INFO INDONESIA. | JABABEKA : RATUSAN BURUH PT EMI LAKUKAN AKSI UNJUK RASA TUNTUT KESEJATERAAN. | PEMKAB BEKASI DI MINTA APINDO MEMPERMUDAH MENGURUS PERIJINAN. | CIKARANG KOTA :LANTARAN KEPINGIN DAGANGANNYA LARIS, SEORANG IBU MUDA AKHIRNYA DICABULI OLEH SANG DUKUN CABUL . | PENGURUS PK GOLKAR SIAP DUKUNG DARIF MULAYANA SEBAGAI CALON BUPATI BEKASI . | KOTA BEKASI : SINDIKAT PENCURI RUMAH KOSONG DITANGKAP POLRES METRO BEKASI BERIKUT SENJATA API.

14 TKI Bermasalah Asal Jabar Berhasil Dipulangkan



BANDUNG-  Tepat pukul 21.00 Wib, Selasa (25/1) sebanyak 14 Tenaga Kerja Indonesia (TKI) bermasalah asal Jawa Barat tiba kembali di daerah asalnya Jawa Barat. Saat ini mereka masih ditampung di shelter Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) Jawa Barat di Jalan Riau 2 Bandung. Sebelumnya ke 14 TKI ini sempat terlantar di negeri Jiran Malaysia akibat tidak lengkapnya dokumen yang mereka miliki.

Berkat kerjasama antara Pemprov, Jawa Barat dengan Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di Kuching, Malaysia, akhirnya mereka berhasil dipulangkan. Misi pemulangan dilakukan oleh Tim Gugus Tugas Pencegahan dan Penanganan Tindak Pidana Perdagangan Orang Provinsi Jawa Barat, diantaranya Aip Rivai (Ketua Tim), Netty Prasetiani Heryawan (Wakil Ketua), Sri Asmawati Kusumawardani (Ketua Harian), Kepala Dinas Sosial Pemprov. Jabar Enny Heryani, dan Direktur Reerse dan Kriminal Polda Jabar, Kombes Fakhrudin. 

Empat belas TKI tersebut berangkat menuju perbatasan Malaysia-Indonesia di Tebedu, Malaysia, dengan dua mobil dari kantor KJRI, Jl. Stutong, Kuching.  Mereka kemudian melanjutkan perjalanan ke Bandung dengan rute Entikong Kalimantan BaratPontianak - DKI Jakarta. Keseluruhan TKI itu  berasal dari Kab. Sukabumi (2 orang), Kota Bandung (3 orang), Kab. Bandung Barat (1 orang), Kab. Karawang (1 orang), Kab. Bogor (2 orang), Kab. Purwakarta (1 orang), Kab. Subang (1 orang), Kab. Cianjur (1), Kota Depok (1), dan Kab. Indramayu (1 orang).

Menurut Aip, ketua Tim Gugus Tugas Pencegahan dan Penanganan Tindak Pidana Perdagangan Orang Provinsi Jawa Barat , upaya penjemputan itu dilakukan langsung oleh tim dari Pemprov untuk mempercepat prosesnya.

“Selama ini, pemulangan TKI bermasalah biasanya dilakukan oleh pemerintah pusat,  bekerja sama dengan provinsi perbatasan seperti Kalbar yang berbatasan dengan negara bagian Serawak, Malaysia. Namun, mengingat  upaya itu biasanya membutuhkan waktu lama, Pemprov Jabar langsung berkoordinasi dengan KJRI Kuching untuk mempercepat prosesnya. Kami berupaya memotong mata rantai birokrasi yang biasanya dilakukan," ucapnya di Konjen RI.
(IS)

Related Articles :


Stumble
Delicious
Technorati
Twitter
Facebook

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan masukan Komentar anda. Terima Kasih.
Redaksi Info Indonesia

 

Info Indonesia Copyright © 2009-2011 sofyan is Designed by stringer